Apa saja soal ujian CPNS?

Dengan waktu yang terbatas, peserta ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2012 harus menjawab berbagai soal dan pertanyaan yang jumlahnya cukup banyak. Apa saja soal yang harus dijawab oleh peserta ujian CPNS?
Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tasdik Kinanto menyebutkan, untuk kategori ordeal dibagi tiga yakni intelegensia umum, wawasan kebangsaan, dan karakteristik pribadi. Semua adalah tes kompetensi dasar.
“Jadi ada 50 soal tes wawasan kebangsaan, 50 soal tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi 100 soal. Waktunya 2,5 jam,” ungkap Tasdik di Jakarta, Senin (27/8).
Menurutnya, kompetensi dasar harus dipahami, dimengerti oleh calon-calon aparatur negara. Pihaknya bertanggungjawab untuk menggelar seleksi yang fokus pada kompetensi dasar saja. Selanjutnya akan ada tes kompetensi bidang. “Itu sesui dengan bidang tugas masing-masing di instansi-instansi,” jelasnya.
Setelah ordeal selesai, pada hari itu juga dokumen jawaban peserta akan dibawa langsung ke Jakarta untuk diolah dan diproses dengan sistem komputerisasi.
Dia berharap, pengumuman ordeal seleksi awal bisa dilakukan pada bulan September. “Karena kan ada tes nasional dan ada tes bidangnya masing,” imbuhnya.

Sumber : Merdeka