Contoh Surat Dinas

Contoh Surat Dinas – Kembali Aristyawandh Blog kembali bring up to date postingan blog yang sedikit akan memberikan informasi mengenai surat dinas resmi yang dapat anda jadikan sebagai referensi dalam membuat surat dinas. Tentunya sobat perlu di ketahui bahwa dalam membuat surat dinas resmi yang baik dan benar harus memperhatikan ketelitian karena surat dinas merupakan resmi dari instansi tertentu.
Sebelum memberikan Contoh surat dinas yang baik dan benar Surat Dinas merupakan satu surat yang dikirimkan kepada sebuah instansi atau suatu lembaga, sebuah badan organisasi ataupun institusi dan di tujukan kepada seseorang atau ke instansi lainnya. Surat dinas ini biasanya berisi mengenai berbagai macam hal yang biasanya berhubungan dengan kepentingan administrasi pemerintahan/instansi/perusahaan.

Untuk itu sobat dalam membuat surat dinas sobat perlu memperhatikan sebagai berikut :

 - Selalu menggunakan kertas resmi yang berkop instansi
 - Selalu mencatat nomer surat yang keluar sehingga memudahkan kita dalam membuat surat dinas selanjutnya. Selain itu juga untuk menghindari nomer surat yang dobel/ganda
 - Apabila surat dinas menggunakan lampiran, pastikan bahwa kita juga mempunyai arsip lampiran tersebut
 - Pastikan bahwa isi surat dinas tersebut memang sudah benar dan top, baru kemudian memintakan tandatangan kepada pejabat yang berwenang.
 - Untuk lampiran surat, pastikan pejabat yang berwenang telah membubuhkan paraf pada setiap judul lampiran
 - Tulis dengan jelas nama penerima surat, termasuk titel, jabatan, dan alamatnya
 - Gunakan amplop resmi instansi. Atau apabila memang harus menggunakan amplop polos, jangan lupa untuk membubuhkan stempel dan paraf pada amplop
 - Apabila surat dikirim dengan kurir instansi, pastikan bahwa surat akan sampai kepada penerima tepat waktu sehingga informasi yang ada dalam surat dinas tersebut bermanfaat.
 - Bila surat dinas dikirim melalui pos, pastikan membubuhkan perangko atau stempel porto telah dibayar sehingga tidak harus bekerja dua kali bila surat dinas yang kita buat dikembalikan kepada kita lagi oleh pihak kantor pos.
Berikut ini contoh surat dinas resmi yang baik dan benar yang dapat anda contoh :

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
 KABUPATEN BOYOLALI
 Boyolali, 19 Maret 2013
 Nomor           : 01/DIKPORA/III/2013
 Lampiran      : -
 Perihal           : Undangan
 Yth. Sdr. Aristyawan DH
 Jl. Arjuna II Winong
 Boyolali
 Dengan hormat,
 Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat yang akan diadakan pada:
 Hari             : 28 Maret 2013
 Tempat       : Gedung Dispora Boyolali
 Waktu          : 10.00 WIB
 Acara           : Pembahasan POR antar Instansi
 Atas perhatian Saudara, akmi ucapkan terima kasih
                  Hormat kami,
 Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Boyolali
            Drs. Sujadi MM
 Nah itulah tadi contoh surat dinas resmi yang baik dan benar yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda semua, seperti Contoh Surat Rekomendasi yang saya paparkan sebelumnya.