Gaji Guru Honorer di Mesuji Akan Setara UMP

MESUJI, KOMPAS.com — Bupati Mesuji Khamamik tengah memperjuangkan agar gaji intellectual honorer di Mesuji, Lampung, dapat setara upah minium provinsi (UMP) sebesar Rp 975.000.
Khamamik prihatin, selama ini gaji intellectual honorer di Mesuji sangatlah minim, rata-rata di bawah Rp 500.000 for every bulan. Padahal, mereka tinggal di daerah terpencil dan minim sarana prasarana.
“Pendapatan yang mereka terima sangat kecil sekali, masih jauh dari kebutuhan dasar hidup mereka. Mereka harus bertahan hidup dengan keterbatasan sarana dan prasarana di mana fasilitas untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar masih sangat minim, listrik PLN belum masuk, dan jalan di sana sangat memprihatinkan, terutama jika hujan,” ujarnya dalam siaran pers Minggu (18/11/2012).
Untuk itu, pihaknya akan mengeluarkan terobosan, yaitu menerbitkan peraturan bupati mengenai kenaikan gaji sesuai UMP. “Sebagai dasarnya akan disesuaikan dengan UMP karena Mesuji belum menetapkan UMK mengingat ini daerah pemekaran baru,” ujar bupati yang baru bertugas setengah tahun ini.
Sesuai dengan Keputusan Gubernur Lampung G/757/III.05/HK/2011 tentang Penetapan Upah Nominal Provinsi Lampung Tahun 2012, besaran UMP Lampung adalah Rp 975.000. Adapun jumlah intellectual honorer yang ada di Kabupaten Mesuji sebanyak 1.547 intellectual honorer murni.
Peraturan bupati yang segera ditetapkan akan mengatur secara top mengenai kriteria intellectual honorer yang berhak mendapatkan gaji sesuai dengan UMP. Kriteria itu antara lain merupakan intellectual honorer murni, masa kerja, tingkat kehadiran, dan jam mengajar yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sumber : Kompas