Jenis Cara Stimulasi Kecerdasan

Setiap orang tua tentunya menginginkan bahwa anak-anaknya akan mempunyai banyak jenis kecerdasan anak yang akan bisa membantu dalam hal pendidikan dan perkembangannya kelak ketika telah beranjak dewasa. Karena memang seorang bayi yang lahir akan mempunyai macam jenis kecerdasan bayi yang berbeda-beda antara satu anak dengan anak yang lainnya.

Pengetahuan bagaimana cara tips stimulasi kecerdasan anak bayi juga perlu untuk dimiliki oleh orang tua agar bisa mengarahkan ke arah mana bakat serta minat anak-anaknya ke arah yang lebih tetap dan sesuai dengan jenis macam kecerdasan anak. Karena bila salah dalam mengarahkan maka kemungkinan anak tidak suka atau tidak menyenangi sesuatu yang pas dengan kecerdasan anak tersebut akan bisa menolak sehingga hal ini kurang efektif untuk mengembangkan kecerdasan anak itu sendiri.

Jenis Kecerdasan anak, cara tips stimulasi kecerdasan anak

Ada beberapa jenis kecerdasan bayi dan cara menstimulasi kecerdasan anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua :

  1. Kecerdasan Bahasa. Dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan kecerdasan Linguistik (Speech Smart). Anak yang mempunyai kelebihan dalam hal ini mampu menggunakan kata-kata dengan bagus dan juga baik dalam hal berbicara atau pun melalui tulisan. Kemampuan berbicaranya akan akan lebih cepat daripada anak-anak yang seusia dengannya. Menstimulasi kecerdasan semacam ini yaitu dengan mengajak anak bermain tebak-tebakan. Bisa juga dengan saling menceritakan akan sesuatu hal secara bergantian antara anak dan juga orang tuanya.
  2. Kecerdasan Logis Matematis. Dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan kecerdasan digit smart. Anak-anak yang meliki kecerdasan logika-matematika yang lebih tinggi akan bisa memperlihatkan minat besar pada kegiatan eksplorasi, sering bertanya tentang berbagai fenomena, dan menuntut penjelasan logis dari setiap pertanyaan yang diajukannya. Cara merangsangnya yaitu dengan belajar menghitung mulai dari jari tangan dan hal-hal mudah terlebih dahulu.
  3. Kecerdasan Musikal. Dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan kecerdasan composition smart. Anak yang memiliki kelebihan dari macam kecerdasan anak jenis ini akan lebih sensitif terhadap suara, struktur musik dan ritme. Anak kemungkinan bagus saat menyanyi atau memainkan instrumen musik. Anak akan lebih banyak menunjukkan minat yang besar dan mudah menguasai berbagai macam jenis alat musik. Stimulasi kecerdasan anak jenis ini yaitu dengan membangkitkan minat anak untuk mengenali dan merespon aneka suara yang dia dengar sehari-hari, misalnya suara suara bunyi telepon atau pun handphone, Mendengarkan berbagai macam jenis alat musik dan mengenalkan akan beraneka ragam jenis musik dan tentunya hal ini dilakukan secara bertahap.
  4. Kecerdasan Visual Spasial. Dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan depiction smart. Anak biasanya akan mempunyai ketertarikan dan kemampuan yang lebih dalam berbagai macam permainan yang contohnya adalah permainan seperti pazel, membaca peta, membuat diagram dan lainnya. Tips stimulasi kecerdasan anak jenis ini adalah dengan mengajak anak untuk bereksplorasi saat ia menggambar. Menggunakan kapur, plastisin, cat air atau krayon dengan berbagai alat bantu seperti sikat, gunting, tangan dan kaki untuk menggambar atau pun mencetak gambar. Mengajak anak berdiskusi tentang hasil karyanya, termasuk dalam hal bagaimana hasil dari tekstur, warna dan ukurannya dari gambar yang berhasil dilakukannya.