Mencoba memahami harapan tenaga honorer di atas tahun 2005

Sahabat honorer semua, dalam kesempatan ini saya ingin berbagi tentang apa yang menjadi harapan tenaga honorer di atas tahun 2005 dan mencoba memahami apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Sahabat honorer semua beserta para pembaca yang budiman, berikut ini adalah beberapa harapan dan keinginan tenaga honorer di atas tahun 2005.

1. Pemerintah dapat mendapat keberadaan mereka dan memberikan perhatian atas kesejahteraan tenaga honorer.

Setelah keluar PP tentang pengangkatan tenaga honorer, sebenarnya pemerintah telah melarang instansi pusat dan daerah melakukan pengangkatan tenaga honorer, namun kenyataan dilapangan berkata lain, banyak instansi yang masih mengangkat tenaga honorer karena kekurangan pegawai. Akibatnya tenaga honorer yang diterima di atas tahun 2005 ini banyak yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah, sebagai contoh untuk honorer yang diangkat sebelum tahun 2005 mendapatkan insentif bulanan, namun untuk tenaga honorer di atas tahun 2005 banyak yang belum mendapatkan. Tenaga honorer yang diangkat di atas tahun 2005 juga berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah misalnya memperoleh insentif bulanan seperti yang diterima oleh tenaga honorer sebelum tahun 2005.

2. Pemerintah mengangkatnya menjadi tenaga honorer daerah.

Tenaga honorer di atas tahun 2005 juga berharap bahwa pemerintah memberikan ruang dan kesempatan kepada mereka untuk dapat diangkat menjadi tenaga honorer daerah dengan gaji setara dengan upah nominal propinsi daerah yang bersangkutan.

3. Pemerintah menerbitkan payung hukum yang melindungi keberadaan mereka.

Tenaga honorer tentunya juga berharap adanya payung hukum yang jelas yang melindungi keberadaan mereka sehingga dapat terhindar dari tindakan yang tidak adil atau sewenang-wenang.

4. Pemerintah suatu saat memberikan kesempatan untuk dapat diangkat menjadi PNS.

Inilah harapan terbesar tenaga honorer di atas tahun 2005, bahwa pemerintah suatu saat nanti tentu saja atas persetujuan DPR dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat diterima menjadi PNS melalui mekanisme seleksi TKD dan TKB seperti halnya tenaga honorer kategori 2. Namun untuk harapan ini nampaknya tenaga honorer di atas tahun 2005 masih cukup bersabar menunggu selesainya proses pengangkatan tenaga honorer kategori 2 menjadi PNS.

Demikian, semoga bermanfaat. Terimakasih.