Pemerintah Buka Lowongan CPNS 2013 Sebentar Lagi

Bagi yang berminat menjadi aparatur negara, bersiaplah dari sekarang. Karna Pemerintah akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 169.000 ahun 2013 ini.

Menjadi PNS merupakan impian banyak pencari kerja. Bayangkan khusus tahun ini saja, gaji pokok tertinggi bisa mencapai Rp 5 juta. Sedangkan terendah yang baru masuk dengan cuma golongan Ia sebanyak Rp 1.323.000.

Ini pun belum termasuk tunjangan, dan lain-lainnya. Keuntungan lain dari sudut pandang ‘reputation’ mereka tergolong tinggi di masyarakat.

Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB), Eko Prasojo mengatakan penerimaan CPNS dengan pengangkatan pegawai honorer tahun ini mencapai 169 ribu melalui tahap penyeleksian.

Disamping itu, ia menjelaskan butt pengangkatan seluruh pegawai distinction tetap dilaksanakan pada tahun 2014.

“Untuk penerimaan dari kategori umum 60 ribuan,” kata Eko Prasojo di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (8/5), seperti dikutip SelongJobs.com dari situs Setkab.energy.id.

Untuk penerimaan pegawai dari pelamar umum, kata Eko, terbagi untuk pemerintah pusat dan daerah. Dari sini, lanjut Eko, pemerintah bisa benar-benar mencari pegawai yang sesuai kebutuhan.

Wamen PAN-RB memperkirakan perekrutan pegawai tahun 2014 kurang lebih sama dengan penerimaan tahun ini. “Kalau nggak ada yang macam-macam, Inya Allah 2014 masalah pegawai honorer rampung,” kata Wamen.

Menurut Eko, adanya pegawai distinction yang masih tersisa membuat penerimaan pegawai masih harus memprioritaskannya. Setidaknya, penerimaan CPNS yang leluasa baru bisa dilaksanakan pada 2015 mendatang.

Tes CPNS 2013 Dilakukan Serentak Bulan Agustus

Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional akan digelar pada Agustus 2013.

Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), masih menunggu usulan kebutuhan CNPS dari daerah. setiap daerah harus mengusulkan berapa jumlah CPNS yang dibutuhkannya.

Sementara untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kategori 2 (pendapatan tidak dibayar melalui APBN/APBD), Wamen PAN-RB Eko Prasojo mengatakan, jumlahnya mencapai 500 ribu. “Kemenpan-RB masih akan melakukan penentuan kuota formasi jurusan dan usulan dari daerah,” jelas Eko.

Kemudian akan ditentukan jumlah kuota yang akan diterima untuk PTT K2. Jika kuota telah ditentukan, maka akan lakukan tes untuk pada Juli atau Agustus.

Tes penerimaan PTT K2, lanjut Eko, akan disamakan dengan tes penerimaan reguler, diantaranya tes kepribadian, tes potensi akademik dan tes wawasan kebangsaan.