Penerimaan CPNS melalui jalur umum dilakukan untuk mengakomodasi formasi yang tidak tercakup dalam penerimaan CPNS bagi tenaga honorer kategori II

Sahabat pembaca setia report cpns tahun 2013 yang berbahagia, tahukah anda bahwa meskipun pemerintah daerah akan mengangkat tenaga honorer KII menjadi CPNS namun tetap akan membuka penerimaan CPNS jalur umum. Hal ini karena penerimaan CPNS melalui jalur umum dilakukan untuk mengakomodasi formasi yang tidak tercakup dalam penerimaan CPNS bagi tenaga honorer kategori II.



Lowongan 600 Calon PNS Pendidikan dan Kesehatan di Subang

SUBANG, (PRLM).- Sekitar enam ratus formasi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang saat ini kosong. Untuk mengisinya, Pemkab Subang akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui jalur umum pada 2014 mendatang. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) melalui Kabid Pengadaan, Heri Tantan mengungkapkan, kekosongan ratusan formasi tersebut sebagian besar di bidang pendidikan dan kesehatan, sementara sisanya bagian teknis. “Ini hasil inventarisasi facts dari sejumlah SOPD di Pemkab Subang. Penerimaannya akan dibuka melalui jalur umum,” ujarnya, Rabu (6/3/13). Heri mengungkapkan, kekosongan ratusan pegawai di lingkungan Pemkab Subang itu di luar ribuan pegawai yang memasuki masa pensiun tahun ini. Setiap tahun, jumlah PNS yang pensiun sekitar 1.300 orang. Penerimaan CPNS melalui jalur umum dilakukan untuk mengakomodasi formasi yang tidak tercakup dalam penerimaan CPNS bagi tenaga honorer kategori II. “Meski nanti akan ada ribuan honorer K2 yang ikut seleksi CPNS, tetapi tidak semua formasi terpenuhi. Jadi, akan dibuka jalur umum tahun depan,” katanya. Berbeda dengan penerimaan melalui jalur umum yang akan digelar tahun depan, penerimaan CPNS bagi tenaga honorer K2 akan berlangsung Juni tahun ini. Sebelum mengikuti tes kompetensi, sekitar empat ribu K2 akan diuji publik dalam waktu dekat. Sehubunganmisi dengan penerimaan CPNS, Ketua Pusat Kajian Otonomi Daerah (Puskoda) Kabupaten Subang Yaya Sudarya mengatakan, Pemkab Subang harus mengawal penyeleksian secara jujur. Penerimaan pegawai negeri, menurut dia, harus berdasarkan kompetensi sehingga mampu melayani publik dengan baik. “Jangan sampai ada transaksi ‘wani piro’ lagi. Sebab, jika demikian, tentu kualitas PNS akan buruk dan mengecewakan masyarakat,” katanya. (A-192/A_88)***

Sambil menunggu  perkembangan kabar penerimaan CPNS Tahun 2013 selanjutnya, ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TKD dan TKB mulai dari sekarang. Anda harus mempersiapkan diri agar dapat lolos dari seleksi ambang batas nilai yang merupakan kunci sukses lolos CPNS jalur umum dan honorer tahun 2013. Kabarnya untuk tes mulai tahun ini pemerintah akan menggunakan metode baru berupa Pad Assissted Ordeal (CAT). Sesuai  Inpres Thumbs down. 1/2013,Presiden juga memerintahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama-sama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Seleksi CPNS/PNS dengan menggunakan Pad Helped Ordeal (CAT).Pada tahap awal tahun 2013 ini, Presiden memerintahkan BKN untuk bisa menerapkan rekrutmen berbasis CAT untuk 18 instansi pemerintah. Namun ada juga kabar yang menyebutkan bahwa tahun ini tes CPNS masih diselenggarakan secara blue-collar dengan tes tulis menggunakan LJK dikarenakan masih terbatasnya sarana dan prasarana. Pemerintah rencananya akan bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi. Untuk tes blue-collar yang masih menggunakan LJK, maka latihan soal dari situs CPNSONLINE mungkin akan sangat cocok bagi anda. 


Nah, untuk anda yang belum terbiasa dengan komputer dan ingin menjadi CPNS, mungkin ada baiknya anda mempersiapkan diri mulai sekarang. Bagi yang sudah terbiasa mengikuti ujian dengan komputer mungkin ujian seperti diatas dengan menggunakan CAT bukan suatu masalah yang serius, namun untuk yang belum terbiasa dengan komputer ada baiknya anda membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan pada komputer. Salahsatu alternatif yang bisa anda coba adalah software yang dapat anda download dari latihansoal.com. Ujian dengan menggunakan CAT ini kabarnya akan mulai diselenggarakan setelah disahkannya Rancangan undang-undang Aparatur Sipil Negara. CAT merupakan salah satu Instant Wins (layanan unggulan) BKN yang terbukti mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap instrumen tes kepegawaian  secara transparan, obyektif, cepat, dan dapat dipercaya.


Keunggulan software ini dibanding ebook pdf  adalah dapat digunakan tanpa internet / offline, dapat di bring up to date, ada waktu pengerjaaan, interaktif, ada nilai notch latihan, dapat mereview kembali hasil latihan, otomatis dapat tahu kunci jawaban setelah menjawab, dapat mengacak soal (sehingga anda dapat mengulang kembali), dapat mengacak jawaban (sehingga anda dapat mengulang kembali). Software ini dapat juga dijalankan di perangkat ipad dan apparatus.



Demikian, semoga bermanfaat.