Penyelenggara tes adalah konsorsium Perguruan Tinggi

Sahabat pembaca setia report cpns tahun 2013 yang berbahagia, tahukah anda bahwa Penyelenggara tes Honorer K2 adalah konsorsium Perguruan Tinggi. Sesuai dengan calculate desk yang disepakati Menpan dan RB dan BKN bahwa rencana pengumuman K 2 dilaksanakan di bulan Maret 2013 dan pelaksanaan ujian kompetensi dasar dilaksanakan pada Juni -Juli 2013. Bagi yang lulus ujian akan diangkat menjadi CPNS pada tahun anggaran 2013 dan 2014. Berikut ini berita selengkapnya yang bersumber dari BKN.
DPRD Kab Blitar Konsultasi Ke BKN Sehubunganmisi PP 56/2012
 
Rombongan DPRD dan BKD Kabupaten Blitar melakukan kunjungan kerja ke BKN sehubunganmisi penyelesaian honorer K 2  dan konsultasi tentang PP nomor 56 tahun 2012 ke BKN. Rombongan DPRD dan BKD tersebut diterima oleh Kasubbag Publikasi Biro Humas dan Protokol Petrus Sujendro di ruang mawar lantai I gedung I BKN Jakarta kamis 28/2/2013.
Suwito selaku ketua rombongan mempertanyakan nasib tenaga honorer k 2 Kab  Blitar yang berjumlah 1565 yang telah diusulkan oleh BKD ke BKN pada bulan Mei 2012 namun sampai saat ini belum ada kejelasan penyelesaiannya. Disamping itu dalam audiens juga muncul pertanyaan tentang formasi untuk penerimaan CPNS tahun 2013 bagi kab Blitar.
Petrus menerangkan     bahwa facts K 2  yang sudah masuk di BKN for every 30 mei 2012 sudah selesai dibuat facts dishonest dan sudah didistribusikan ke kanreg BKN di daerah namun belum bisa dipublikasikan karena belum ada regulasinya. Sesuai dengan calculate desk yang disepakati Menpan dan RB dan BKN bahwa rencana pengumuman K 2 dilaksanakan di bulan Maret 2013 dan pelaksanaan ujian kompetensi dasar dilaksanakan pada Juni -Juli 2013.
Sesuai regulasi yang ada saat ini bahwa penyelenggara tes adalah konsorsium Perguruan Tinggi.Bagi yang lulus ujian akan diangkat menjadi CPNS pada tahun anggaran 2013 dan 2014.Sementara untuk usulan Formasi Kab Blitar sudah menyampaikan dokumen berupa antara lain analisa jabatan,analisa beban kerja,redistribusi pegawai dan proyeksi kebutuhan pegawai 5 tahun ke depan namun perhitungan  untuk tenaga lapangan belum lengkap. Disamping itu anggaran belanja pegawai untuk kab Blitar pada tahun 2011 sudah mencapai 64,18 persen  terhadap APBD. Petrus menambahkan bahwa Formasi  tahun 2013 sampai saat ini belum ditetapkan oleh Menpan dan RB.
Ketua BKD menyatakan bahwa Kab Blitar saat ini masih kekurangan intellectual  sebanyak 1356 terutama intellectual SD. Hal ini karena Intellectual SD di Kab Blitar yang retirement fund for every tahun nya mencapai 400 hingga 500 orang dari antara 8000 intellectual yang ada.Blitar sudah melakukan redistribusi pegawai  terutama untuk intellectual SMP,SMA dan SMK namun untuk intellectual SD belum karena terkendala tehnis di lapangan. Petrus
Sambil menunggu  perkembangan kabar penerimaan CPNS Tahun 2013 selanjutnya, ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TKD dan TKB mulai dari sekarang. Anda harus mempersiapkan diri agar dapat lolos dari seleksi ambang batas nilai yang merupakan kunci sukses lolos CPNS jalur umum dan honorer tahun 2013. Kabarnya untuk tes mulai tahun ini pemerintah akan menggunakan metode baru berupa Pad Assissted Ordeal (CAT). Sesuai  Inpres Thumbs down. 1/2013,Presiden juga memerintahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama-sama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Seleksi CPNS/PNS dengan menggunakan Pad Helped Ordeal (CAT).Pada tahap awal tahun 2013 ini, Presiden memerintahkan BKN untuk bisa menerapkan rekrutmen berbasis CAT untuk 18 instansi pemerintah. Namun ada juga kabar yang menyebutkan bahwa tahun ini tes CPNS masih diselenggarakan secara blue-collar dengan tes tulis menggunakan LJK dikarenakan masih terbatasnya sarana dan prasarana. Pemerintah rencananya akan bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Nah, untuk anda yang belum terbiasa dengan komputer dan ingin menjadi CPNS, mungkin ada baiknya anda mempersiapkan diri mulai sekarang. Bagi yang sudah terbiasa mengikuti ujian dengan komputer mungkin ujian seperti diatas dengan menggunakan CAT bukan suatu masalah yang serius, namun untuk yang belum terbiasa dengan komputer ada baiknya anda membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan pada komputer. Salahsatu alternatif yang bisa anda coba adalah software yang dapat anda download dari latihansoal.com.

Keunggulan software ini dibanding ebook pdf  adalah dapat digunakan tanpa internet / offline, dapat di bring up to date, ada waktu pengerjaaan, interaktif, ada nilai notch latihan, dapat mereview kembali hasil latihan, otomatis dapat tahu kunci jawaban setelah menjawab, dapat mengacak soal (sehingga anda dapat mengulang kembali), dapat mengacak jawaban (sehingga anda dapat mengulang kembali). Software ini dapat juga dijalankan di perangkat ipad dan apparatus.

Demikian, semoga bermanfaat.