Tenaga Medis Honorer DKI akan diangkat menjadi tenaga Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)

Sahabat pembaca setia report cpns tahun 2013 yang berbahagia, tahukah anda bahwa Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan mengangkat tenaga medis honorer menjadi tenaga Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) DKI. Hal itu dilakukan karena membludaknya pasien di puskesmas dan rumah sakit akibat Kartu Jakarta Sehat (KJS). Berikut ini berita selengkapnya yang bersumber dari Kompas

Basuki Janji Angkat Tenaga Medis Honorer

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan mengangkat tenaga medis honorer menjadi tenaga Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) DKI. Hal itu dilakukan karena membludaknya pasien di puskesmas dan rumah sakit akibat Kartu Jakarta Sehat (KJS).
“Ya, diangkat. Tapi, kita enggak akan angkat mereka jadi PNS karena harus ikut tes,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (25/2/2013).
Basuki mengatakan, ia tidak ingin lagi ada karyawan atau pekerja di Ibu Kota yang mendapat bayaran di bawah Upah Nominal Provinsi (UMP) DKI, yaitu Rp 2,2 juta. Pemprov DKI juga mengupayakan penghapusan outsourcing yang dilakukan oleh pihak ketiga dan akan diambil alih oleh Pemprov DKI.
“Kita juga mulai menghapus outsourcing-outsourcingyang dilakukan pihak ketiga yang saat mengajukan anggaran kepada kami, tender dengan UMP. Pada praktiknya, karyawannya diteken di bawah UMP. Nah, mereka itu akan kami ambil alih,” kata Basuki.
Basuki pun mengatakan, terdapat tiga komponen penghasilan dalam pembayaran gaji tenaga medis honorer itu. Tiga komponen itu adalah standar Upah Nominal Provinsi (UMP) DKI Rp 2,2 juta, kedua adalah penanganan kasus, dan yang ketiga berdasarkan kompetensi.
“Apakah dia bisa atau tidak dia mendeteksi orang berpenyakit jantung. Tapi, tentu yang operasi jantung bukan dia, itu wilayahnya dokter spesialis. Tapi dokter spesialis itu akan tertolong dengan adanya pendidikan dokter spesialis juga. Maka tentu, dia akan diberikan juga ada kompensasi penghasilan dan insentif. Ya, ini penting supaya mereka juga merasa dihargai. Kami akan mulai tahun depan,” ujar Basuki.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati mengatakan akan mengubah reputation tenaga medis honorer menjadi tenaga tetap Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) DKI. Dengan itu, para tenaga honorer akan memiliki kejelasan reputation.
Sementara itu untuk menanggulangi membludaknya pasien akibat KJS, ia akan menambahkan kuantitas dokter di Puskesmas. Gaji nya pun akan disesuaikan dengan Upah Nominal Provinsi (UMP) DKI 2013. Sejak Senin lalu, dokter spesialis pun sudah diturunkan di Puskesmas Kecamatan Koja, Puskesmas Kecamatan Cilincing, Puskesmas Tambora dan Puskesmas Tanah Abang beserta delapan puskesmas kelurahan lainnya.
“Selain itu, juga ada penambahan tenaga non-PNS di masing-masing puskesmas kecamatan dan kelurahan yang kunjungan pasiennya terus bertambah,” kata Dien.

Editor :
Ana Shofiana Syatiri



Sambil menunggu  perkembangan kabar penerimaan CPNS Tahun 2013 selanjutnya, ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TKD dan TKB mulai dari sekarang. Anda harus mempersiapkan diri agar dapat lolos dari seleksi ambang batas nilai yang merupakan kunci sukses lolos CPNS jalur umum dan honorer tahun 2013. Kabarnya untuk tes mulai tahun ini pemerintah akan menggunakan metode baru berupa Pad Assissted Ordeal (CAT). Sesuai  Inpres Thumbs down. 1/2013,Presiden juga memerintahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama-sama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Selsksi CPNS/PNS dengan menggunakan Pad Helped Ordeal (CAT).Pada tahap awal tahun 2013 ini, Presiden memerintahkan BKN untuk bisa menerapkan rekrutmen berbasis CAT untuk 18 instansi pemerintah.

Nah, untuk anda yang belum terbiasa dengan komputer dan ingin menjadi CPNS, mungkin ada baiknya anda mempersiapkan diri mulai sekarang. Bagi yang sudah terbiasa mengikuti ujian dengan komputer mungkin ujian seperti diatas dengan menggunakan CAT bukan suatu masalah yang serius, namun untuk yang belum terbiasa dengan komputer ada baiknya anda membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan pada komputer. Salahsatu alternatif yang bisa anda coba adalah software yang dapat anda download dari latihansoal.com.

Keunggulan software ini dibanding ebook pdf  adalah dapat digunakan tanpa internet / offline, dapat di bring up to date, ada waktu pengerjaaan, interaktif, ada nilai notch latihan, dapat mereview kembali hasil latihan, otomatis dapat tahu kunci jawaban setelah menjawab, dapat mengacak soal (sehingga anda dapat mengulang kembali), dapat mengacak jawaban (sehingga anda dapat mengulang kembali). Software ini dapat juga dijalankan di perangkat ipad dan apparatus.

Namun bagi anda yang suka belajar dengan ebook, anda dapat juga mendownload materi latihan soal cpns, anda dapat mendownloadnya di cpnsonline.com. 12 seri ebook cpnsonline merupakan sebuah paket informasi dalam schooling draw collectively chic a outline PDF sebanyak lebih kurang10.000 Total halaman, berisi materi materi bahan utama soal ujian seleksi CPNS 2013-2014 dan juga soal-soal CPNS tahun lalu beserta penjelasannya. Anda tidak perlu ragu dan bimbang menghadapi ujian CPNS tahun ini karena keterbatasan waktu ataupun ujian lowongan kerja yang mensyaratkan untuk mengikuti ujian tes TPA, Tes Bakat Skolastik, TOEFL, GMAT, GRES, dan Wawancara. Karena ebook ini diharapkan dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan Anda. CPNSONLINE sangat menyadari apa yang diperlukan dan dibutuhkan untuk persiapan Ujian seleksi CPNS.

Demikian, semoga bermanfaat.