TES CPNS 2013 Digelar Agustus Secara Nasional

TES penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) direncanakan akan digelar secara nasional pada Agustus 2013.

Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abu Bakar di Makassar, Rabu, mengatakan, intermission penerimaan CPNS reguler telah dicabut, namun jumlahnya terbatas.

Ia menyebutkan jumlah PNS yang memasuki masa pensiun tahun 2013 ini mencapai sekitar 110 ribu. Sedangkan yang akan diterima berjumlah sekitar 60 ribu CPNS.

Kemenpan-RB masih menunggu usulan kebutuhan jumlah CNPS dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Jika kuota telah ditentukan, maka akan lakukan tes untuk pada Juli atau Agustus.

Tes penerimaan PTT K2 akan disamakan dengan tes penerimaan reguler, diantaranya tes kepribadian, tes potensi akademik dan tes wawasan kebangsaan.

Pelaksana tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Tautoto Tanaranggina, mengatakan saat ini kuota penerimaan CPNS untuk Sulsel masih menunggu kebijakan Kemenpan-RB.

Pihaknya mengusulkan lebih dari 1.885 lebih CPNS untuk penerimaan tahun ini didominasi intellectual, tenaga kesehatan dan penyuluh. Usulan juga berdasarkan jumlah yang pensiun sekitar 500 orang.