TES CPNS 2013 Diundur Jadi Bulan September

Sekali lagi seleksi pengadaan CPNS dari jalur umum di undur jadi bulan September.

Kemen PAN-RB kali ini positif menggelar persiapan tes pengadaan CPNS baru dari pelamar umum September mendatang. Hal ini karna dana untuk menggelar tes ini tidak masuk dalam anggaran yang diblokir Kementerian Keuangan.

Sekretaris Kemen PAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, anggaran yang diblokir Kemenkeu merupakan dana untuk pelaksanaan tes CPNS baru dari formasi tenaga honorer kategori 2.

“Itupun sebagaian sudah ada yang dicairkan. Dan tidak akan mengganggu jadwal tes CPNS pelamar umum,” katanya di gedung DPR RI.

Untuk anggaran tes CPNS baru dari pelamar umum, Kemen PAN-RB belum mengungkapkannya, Namun, tes CPNS baru dari pelamar tenaga honorer, awalnya disiapkan sebesar Rp 148 miliar. Tetapi setelah pembahasan dengan Kemenkeu, anggaran itu dikepras menjadi sekitar Rp 93 miliar dan yang bebas dari blokir baru Rp 28 miliar.

Dia mengatakan jika saat ini Kemen PAN-RB sedang menggodok formasi CPNS baru dari pelamar umum. Penentuan formasi ini sumbernya dari beberapa hal. Mulai dari usulan instansi pusat maupun daerah, perhitungan kebutuhan riil aparatur baru, hingga hasil analisis beban kerja dan jabatan. Dengan ketentuan ketat itu, diharapkan jumlah formasi CPNS baru sesuai dengan PNS yang akan pensiun.

Selain menyiapkan formasi alokasi CPNS baru, Kemen PAN-RB juga sedang mematangkan jadwal tetap rangkaian pelaksanaan tes. Tasdik berharap, dalam beberapa waktu ke depan, jadwal rangkaian pelaksanaan tes CPNS untuk pelamar umum itu segera keluar.

Meskipun formasinya belum ditetapkan, tetapi Kemen PAN-RB sudah memiliki ancar-ancar kursi CPNS baru yang akan diperebutkan masyarakat. Secara keseluruhan pemerintah mengalokasikan 60 ribu kursi. Rinciannya adalah 20 ribu kursi untuk instansi pusat dan 40 ribu kursi sisanya untuk instansi daerah.