Tes CPNS Honorer K2 Diperkirakan Mundur Oktober 2013

Sahabat pembaca setia report cpns tahun 2013 yang berbahagia, tahukah anda bahwa tes cpns honorer K2 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan juni juli 2013, kabarnya akan diundur hingga bulan Oktober tahun 2013 akibat alotna pembahasan dana dengan kementerian keuangan. Berikut ini berita selengkapnya yang bersumber dari JPNN

Dana Belum Siap, Tes CPNS dari Honorer K2 Molor Lagi

JAKARTA--Jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari honorer kategori dua (K2) molor lagi. Jika sebelumnya direncanakan seleksi sesama honorer K2 digelar sekitar Juni-Juli, kini berubah lagi menjadi Oktober.

Molornya jadwal seleksi ini menurut Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Tasdik Kinanto, karena alotnya pembahasan anggaran dengan Kementerian Keuangan.

Apalagi dana yang diajukan ke Ditjen Anggaran Kemenkeu sebesar Rp 148 miliar belum disetujui. “Pembahasan di domestic pemerintah sangat alot sehingga membuat jadwal tesnya molor,” ujar Tasdik dalam rapat panja pengawasan tenaga honorer Komisi II DPR RI, di Senayan, Selasa (26/2).

Dari facts dishonest Badan Kepegawaian Negara (BKN) ada 558.899 honorer K2 yang akan mengikuti tes tertulis maupun kompetensi dasar. 

Mengingat keterbatasan sarana dan prasarana, lanjut Tasdik, kemungkinan tes tertulis dilakukan secara blue-collar dan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), dengan menetapkan standar kompetensi dasar. Untuk mekanisme tes ini, pemerintah akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Sebenarnya jadwal-jadwal pelaksanaan pengangkatan honorer K2 bisa terlaksana baik bila anggarannya lancar. Berhubung hingga saat ini belum ada kejelasan, maka jadwalnya bergeser semua,” tambahnya.

Mengenai skema pengangkatan honorer K2, Tasdik mengatakan menurut PP Nomor 56 Tahun 2012, penyelesaiannya secara bertahap yaitu 2013 dan 2014. Tapi bila dalam hasil tes, honorer K2 yang lolos hanya sedikit, pengangkatannya dilakukan serentak tahun ini.

“Kita lihat nanti hasil tesnya seperti apa. Kalau jumlah honorer yang lulus sedikit dan anggarannya memadai, semuanya kita selesaikan tahun 2013. Bila jumlah yang lulus banyak, maka diangkat dua tahun berturut-turut,” tandasnya. (esy/jpnn)

Sambil menunggu  perkembangan kabar penerimaan CPNS Tahun 2013 selanjutnya, ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TKD dan TKB mulai dari sekarang. Anda harus mempersiapkan diri agar dapat lolos dari seleksi ambang batas nilai yang merupakan kunci sukses lolos CPNS jalur umum dan honorer tahun 2013. Kabarnya untuk tes mulai tahun ini pemerintah akan menggunakan metode baru berupa Pad Assissted Ordeal (CAT). Sesuai  Inpres Thumbs down. 1/2013,Presiden juga memerintahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama-sama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Selsksi CPNS/PNS dengan menggunakan Pad Helped Ordeal (CAT).Pada tahap awal tahun 2013 ini, Presiden memerintahkan BKN untuk bisa menerapkan rekrutmen berbasis CAT untuk 18 instansi pemerintah. Namun ada juga kabar yang menyebutkan bahwa tahun ini tes CPNS masih diselenggarakan secara blue-collar dengan tes tulis menggunakan LJK dikarenakan masih terbatasnya sarana dan prasarana. Pemerintah rencananya akan bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Nah, untuk anda yang belum terbiasa dengan komputer dan ingin menjadi CPNS, mungkin ada baiknya anda mempersiapkan diri mulai sekarang. Bagi yang sudah terbiasa mengikuti ujian dengan komputer mungkin ujian seperti diatas dengan menggunakan CAT bukan suatu masalah yang serius, namun untuk yang belum terbiasa dengan komputer ada baiknya anda membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan pada komputer. Salahsatu alternatif yang bisa anda coba adalah software yang dapat anda download dari latihansoal.com.

Keunggulan software ini dibanding ebook pdf  adalah dapat digunakan tanpa internet / offline, dapat di bring up to date, ada waktu pengerjaaan, interaktif, ada nilai notch latihan, dapat mereview kembali hasil latihan, otomatis dapat tahu kunci jawaban setelah menjawab, dapat mengacak soal (sehingga anda dapat mengulang kembali), dapat mengacak jawaban (sehingga anda dapat mengulang kembali). Software ini dapat juga dijalankan di perangkat ipad dan apparatus.

Namun bagi anda yang suka belajar dengan ebook, anda dapat juga mendownload materi latihan soal cpns, anda dapat mendownloadnya di cpnsonline.com. 12 seri ebook cpnsonline merupakan sebuah paket informasi dalam schooling draw collectively chic a outline PDF sebanyak lebih kurang10.000 Total halaman, berisi materi materi bahan utama soal ujian seleksi CPNS 2013-2014 dan juga materi sehubunganmisi soal-soal CPNS tahun lalu beserta penjelasannya. Anda tidak perlu ragu dan bimbang menghadapi ujian CPNS tahun ini karena keterbatasan waktu ataupun ujian lowongan kerja yang mensyaratkan untuk mengikuti ujian tes TPA, Tes Bakat Skolastik, TOEFL, GMAT, GRES, dan Wawancara. Karena ebook ini diharapkan dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan Anda. CPNSONLINE sangat menyadari apa yang diperlukan dan dibutuhkan untuk persiapan Ujian seleksi CPNS.

Demikian, semoga bermanfaat.