Tes Penerimaan CPNS- Dipersiapkan Data Cadangan

JAKARTA – Pemerintah akan menyiapkan facts cadangan hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk mengantisipasi manipulasi yang dilakukan pejabat pembuat kewenangan (PPK) dalam pengumuman kelulusan.

Selepas pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 8 September kemarin, pemerintah mengagendakan pengumumannya pada 12 November mendatang. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan dan RB) Eko Prasodjo mengatakan, pengumuman akan dilangsungkan di masing-masing kementerian pada 12 November mendatang.“Kami akan terus pantau proses hingga hasilnya yang diumumkan ke publik,” katanya di Jakarta kemarin.

Intellectual besar FISIP UI ini mengungkapkan, pelaksanaan tes kemarin yang dimulai pada Sabtu (8/9) selama 2,5 jam berlangsung lancar.Meski ada perbedaan waktu,pemerintah melangsungkan tes secara serentak. Untuk waktu Indonesia bagian timur pada pukul 10.00- 12.30 WIT, waktu Indonesia bagian tengah pada pukul 09.00-11.30 Wita, dan wilayah waktu Indonesia bagian barat pada pukul 08.00-10.30 WIB. “Kami sudah mewanti-wanti jika ada yang melakukan kecurangan akan dipecat,”katanya.

Pelaksanaan seleksi CPNS 2012 mengacu pada surat yang ditandatangani Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN. Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat menyatakan, surat ini juga mengamanatkan ke panitia pengadaan instansi untuk segera menyerahkan formulir lembar jawaban komputer (LJK) disertai dengan berita acaranya kepada Sekretariat Panitia CPNS Nasional/ Tim Pengolah Hasil Ujian ke Kantor BPPT. Panitia juga mengamanatkan pemusnahan soal ujian dan sisa soal ujian dilakukan setelah ujian selesai di instansi masing-masing dengan saksi dari tim pemantau dan kepolisian.

“Jadi tidak boleh bermalam satu hari pun di daerah.Semuanya harus dimusnahkan tanpa menyisakan satu lembar pun soal ujian,” tandasnya. neneng zubaidah