Lowongan CPNS Arsip Nasional 2018

CPNS Arsip Nasional 2018 – Banyak beredar informasi bahwa sebentar lagi penerimaan cpns 2018 akan segera dibuka. Nah jika anda saat ini sedang membutuhkan perkembangan informasi mengenai penerimaan cpns 2018, terutama di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), maka di halaman ini kami akan menyajikan informasi mengenai jadwal pendaftaran cpns ANRI, formasi cpns ANRI, persyaratan pendaftaran online cpns ANRI, jadwal seleksi / ujian / tes cpns ANRI serta informasi-informasi lain terkait rekrutmen cpns Arsip Nasional tahun 2018. Jadi jangan beranjak dahulu dari halaman ini sebelum anda baca sampai selesai.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber, bahwa penerimaan cpns tahun anggaran 2018 akan dibuka setelah pelaksanaan Pilkada 2018. Jadi kemungkinan Lembaga Arsip Nasional juga akan membukanya setelah usai pelaksaan Pilkada tersebut.

Nah jika Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) juga membuka penerimaan cpns di tahun 2018 ini, maka tentunya akan diumumkan secara resmi nantinya oleh pihak Kemenpan-RB, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) atau Pihak lembaga bersangkutan.

Profil Arsip Nasional Republik Indonesia

Arsip Nasional Republik Indonesia atau yang disingkat dengan ANRI adalah salah satu lembaga Pemerintah Nonkementerian yang pembentukannya didasarkan oleh UU Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan yang selanjutnya kemudian diubah menjadi UU Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dalam rangka pelaksaan tugas pemerintahan pada bidang kearsipan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lembaga ini mempunyai tugas yang begitu penting dalam menyelenggarakan pemerintahan dewasa ini. Hal ini dikarenakan Arsip mempunyai fungsi yang sangat vital untuk memori kolektif bangsa, ditambah lagi ANRI memiliki peran juga sebagai pembina Kearsipan Nasional yang sesuai dengan pasal 8 Ayat 1 UU Nomor 43 tahun 2009.

ANRI mempunyai tugas yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini karena Arsip sendiri memiliki fungsi yang sangat vital sebagai memori kolektif bangsa, selain itu ANRI juga berperan sebagai pembina Kearsipan Nasional sesuai dengan Pasal 8 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009. (Sumber: id.wikipedia.org)

Pengumuman CPNS Arsip Nasional 2018

Lembaga Arsip Nasional kemungkinan juga akan melaksanakan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018 ini. Alasannya dikarenakan Lembaga Arsip Nasional masih kekurangan Pegawai akibat setiap tahunnya ada pegawai yang Pensiun.

Nah bagi Anda yang saat ini mencari informasi mengenai lowongan cpns ANRI 2018, yuk simak beberapa informasi penting sebagai berikut:

Formasi CPNS Arsip Nasional 2018

Adapun formasi cpns 2018 Arsip Nasional akan kami update disini setelah dikeluarkannya informasi resmi berkenaan berapa jumlah formasi/kuota cpns ANRI 2018, bidang apa saja yang dibutuhkan ANRI, jurusan apa saja yang diminta dan lain sebagainya. Jadi kita tunggu saja pengumuman resminya dari pihak ANRI, Kemenpan-RB ataupun dari instansi-instansi terkait lainnya.

Jadwal Pendaftaran CPNS Arsip NasionaI 2018

Pendaftaran cpns 2018 Arsip Nasional berdasarkan informasi yang kami terima dijadwalkan akan dibuka usai pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang, yakni sekitar tanggal 17 sampai 23 Juli 2018.

Namun ini baru berdasarkan informasi yang banyak beredar, untuk kepastiaannya kita tunggu saja setelah adanya pengumuman resmi. Dan apabila nantinya pendaftarannya sudah dibuka, maka biasanya pendaftaran cpns ANRI akan dibuka secara bersamaan dengan pembukaan pendaftaran cpns secara Nasional.

Tata Cara Pendaftaran CPNS Arsip Nasional 2018

Berdasarkan pengalaman tahun 2017 lalu, pendaftaran cpns ANRI dilakukan secara online. Selengkapnya mengenai alur pendaftaran akan diumumkan nanti sesudah pendaftaran cpns 2018 ANRI telah resmi dibuka.

Maka bagi anda yang berencana ikut dalam seleksi cpns 2018 khususnya di lingkungan ANRI, anda perlu untuk terus memantau website resmi Kemenpan, Panselnas ataupun website resmi ANRI supaya tidak ketinggalan informasi.

Persyaratan CPNS Arsip Nasional 2018

Persyaratan pendaftaran online cpns 2018 ANRI akan dipublikasikan langsung di website resmi BKN di alamat sscn.bkn.go.id ataupun di website resmi panselnas.menpan.go.id.

Namun jika kita melihat berdasarkan pengalaman tahun 2017 lalu, maka persyaratan yang dibutuhkan untuk proses registrasi online ialah seperti:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK),
  • Nomor Kartu Keluarga,
  • Alamat email yang masih aktif,
  • Password akun portal SSCN, serta
  • Menjawab pertanyaan keamanan.

Sedangkan untuk persyaratan-persyaratan administrasi atau persyaratan khusus di Lembaga ANRI akan diumumkan nantinya secara lengkap setelah resmi dibuka. Persyaratan tersebut biasanya dikeluarkan bersamaan dengan dikeluarkannya jumlah formasi yang dibutuhkan.

Persyaratan ini nantinya bisa dilihat di website resmi BKN di alamat sscn.bkn.go.id ataupun di website resmi lembaga Arsip Nasional.

Tahapan Seleksi CPNS Arsip Nasional 2018

Sebagaimana pengalaman tahu lalu, bahwa tahapan seleksi cpns ANRI dibagi kepada tiga tahap. Pertama ialah tahapan seleksi Administrasi atau verifikasi berkas, kedua Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan yang ketiga ialah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun ini masih bersifat tentatif, jadi kita tunggu saja informasi resminya nanti.

1. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Arsip Nasional 2018

Hasil seleksi administrasi cpns Arsip Nasional biasanya akan diterbitkan seusai pelaksanaan tahapan pendaftaran online atau setelah proses verifikasi berkas-berkas pelamar telah selesai.

Setelah verifikasi berkas ini akan ketahuan siapa saja yang lulus tahapan seleksi administrasi dan berhak melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

2. Jadwal Ujian Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Arsip Nasional 2018

Pelaksanaan ujian / tes / seleksi Kompetensi Dasar (SKD) cpns ANRI 2018 biasanya akan diumumkan setelah dikeluarkannya hasil seleksi administrasi. Selain dicantumkan daftar nama yang dinyatakan lulus administrasi, disana juga akan dicantumkan jadwal serta tempat pelaksanaan SKD CPNS ANRI 2018.

3. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Arsip Nasional 2018

Hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) cpns ANRI tahun 2018 juga akan dikeluarkan setelah pelaksanaan SKD. Bagi peserta yang nilainya memenuhi passing grade, maka akan langsung ketauan setelah selesai mengikuti ujian CAT melalui komputer yang dilaksanakan oleh Panselnas atau ANRI.

Nah bagi peserta yang memenuhi passing grade yang sudah ditetapkan, maka silahkan menunggu pengumuman hasil SKDnya, karena masih ada kemungkinan untuk ikut dalam seleksi lanjutan, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang cpns ANRI 2018.

Namun bagi peserta yang tidak memenuhi passing grade yang telah ditetapkan, maka dapat dipastikan tidak bisa mengikuti seleksi lanjutan atau dinyatakan telah gugur dalam seleksi rekrutmen cpns ANRI 2018. Jadi tidak perlu lagi menunggu hasil Seleksi Kompetensi Dasarnya.

4. Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Arsip Nasional 2018

Jadwal SKB cpns ANRI 2018 ini akan diumumkan setelah diterbitkannya daftar nama peserta yang lulus dalam tahapan Seleksi Kompetensi dasar (SKD).

Peserta-peserta yang dinyatakan lulus dalam tahapan SKD CPNS 2018 ANRI ini ialah para peserta yang memenuhi nilai passing grade yang sudah ditentukan, dan sudah dilakukan pemeringkatan dengan peserta-peserta lainnya.

Jika ada 100 orang yang memenuhi nilai Passing Grade, sedangkan yang akan dimasukkan dalam tahapan berikutnya 30%, maka hanya 30 orang dengan nilai-nilai tertinggi yang akan lolos dalam tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) cpns ANRI 2018 dan berhak untuk ikut dalam seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

5. Pengumuman Hasil Seleksi Akhir CPNS Arsip Nasional 2018

Hasil seleksi akhir cpns ANRI 2018 akan diumumkan setelah serangkain proses seleksi penerimaan CPNS 2018 Arsip Nasional telah usai dilaksanakan. Dan pelaksaan SKB ini bisa saja berbeda-beda antara satu instansi dengan instansi lain.

Jadi bagaimana prosesnya nanti sangatlah tergantung dengan instansi yang bersangkutan. Apabila kita mendaftar dalam penerimaan cpns ANRI, maka prosesnya nanti tergantung oleh pihak Panitia penerimaan cpns ANRI.

Contoh Soal CPNS CAT Arsip Nasional 2018

Tes cpns beberapa tahun belakangan sudah menerapkan Sistem Computer Assisted (CAT) dalam pelaksanaan seleksinya. Jadi di tahun 2018 ini, setiap instansi baik pusat ataupun daerah, tidak terkecuali dengan lembaga ANRI juga akan menggunakan sistem CAT dalam menyeleksi para peserta yang mendaftar.

Nah bagi anda yang mungkin belum tahu apa itu sistem CAT, maka melakukan persiapan dari sekarang untuk menggunakan software CAT ini tentunya akan membantu Anda pada saat mengikuti tes cpns ANRI nantinya. Dapatkan software CAT beserta contoh-contol soal cpns lengkap dengan mendaftar disini. DAFTAR.

Dengan membiasakan pengoperasian software CAT ini diharapkan nantinya anda tidak lagi canggung dalam mengoperasikannya saat tes cpns ANRI ataupun di lembaga dan Kementerian lain, karena tes cpns dengan CAT ini waktunya cukup singkat.

Jadi jika hanya mengandalkan pengetahuan tentang soal-soalnya saja tidaklah cukup, namun anda juga harus menyiapkan strategi menjawab soal-soal tersebut sejak dini.

Salah satu caranya ialah dengan menetapkan berapa waktu untuk mengerjakan 1 soal. Nah jika anda masih canggung dalam mengoperasikan software CAT ini, maka anda bisa saja akan kehabisan waktu sebelum soal-soalnya terjawab semua.

Contoh Soal CPNS 2018 ANRI

Selain itu, bagi anda yang belum berpengalaman ikut seleksi cpns, tentunya anda perlu mengetahui bahwa soal-soal cpns tidak sama dengan soal-soal yang kita dapatkan di bangku sekolah ataupun kuliah. Jadi Anda harus mengetahui bagaimana bentuk dan pola soal cpns yang akan diuji nantinya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 20 Tahun 2017, menyebutkan bahwa materi yang akan diujikan dalam seleksi penerimaan cpns ialah sebagai berikut:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Adapun soal-soal SKD ini meliputi:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini ialah untuk menilai penguasaan terhadap pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar Kebangsaan Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta NKRI.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dimaksudkan untuk menilai Integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain sebagainya.

Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan contoh-contoh soal SKD Wawasan Kebangsaan, Inteligensi Umum dan Karakteristik pribadi sebagai persiapan untuk mengikuti tes cpns 2018 di Lembaga Arsip Nasional ataupun di lembaga atau kementerian lainnya, silahkan daftarkan diri anda disini. DAFTAR.

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Adapun materi seleksi kompetensi bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi untuk jabatan pelaksana penetapannya dilakukan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana yang dimaksud.

Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana belum siap melakukan penyusunan materi Seleksi Kompetensi Bidang, maka materi akan disusun oleh Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan.

Nah bagi anda yang ingin mendapatkan contoh-contoh soal SKB lengkap untuk segala jenis jabatan ataupun bidang sebagai persiapan untuk mengikuti SKB cpns 2018, silahkan daftarkan diri anda disini. DAFTAR.

CATATAN:

  • Hingga berita ini diterbitkan, kami BELUM mendapatkan informasi resmi tentang penerimaan cpns 2018, khususnya di lingkungan Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia.
  • Informasi ini kami terbitkan dengan itikad baik yang bertujuan memberitahukan para pembaca mengenai perkembangan informasi penerimaan cpns tahun anggaran 2018, khususnya di lingkungan ANRI.
  • Contoh soal CAT cpns 2018, baik SKD maupun SKB yang kami rekomendasikan di halaman ini hanyalah sebagai bahan pembelajaran semata. Kami tidak menjamin Anda akan lulus setelah mempelajari soal-soal tersebut. Dapatkan contoh-contoh soal cpns 2018 dengan mendaftar disini. DAFTAR.
  • Setiap ada perkembangan informasi terkait penerimaan cpns 2018, khususnya di lingkungan Lembaga Arsip Nasional, maka akan kami update di halaman ini.

Itulah informasi mengenai lowongan cpns Arsip Nasional 2018 yang bisa kami sampaikan untuk anda. Informasi ini mungkin belum menjawab semua pertanyaan anda, terutama mengenai kapan jadwal resmi pendaftaran cpns 2018 ANRI. Namun anda tidak perlu khawatir, karena di halaman ini akan terus kami update perkembangan informasi cpns 2018 Badan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Jadi silahkan bookmark dan pantau terus halaman ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar